Sabtu, 10 Juli 2010

SWOT

1 Kor 11:28 ... hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri .........
Setiap institusi (lembaga) ataupun company (perusahaan) selalu melakukan SWOT berkala untuk tindakan evaluasi diri. SWOT adalah singkatan dari Strength (kekuatan, kelebihan), Weakness (kelemahan, kekurangan), Opportunity (kesempatan), dan Threat (ancaman).
Sekalipun SWOT biasanya diterapkan pada institusi dan perusahaan, SWOT juga dapat diterapkan pada tiap pribadi. Kita dapat meneliti kelebihan kita untuk dikembangkan, kelemahan kita untuk diminimalkan, kesempatan yang ada untuk dimanfaatkan, dan ancaman yang ada untuk dihindari atau dihadapi.
Paulus mengatakan agar tiap orang menguji dirinya sendiri. Konteks dari ayat ini adalah adanya beberapa orang yang makan perjamuan dengan cara yang tidak layak. Mereka tidak mengindahkan orang lain, tetapi memperhatikan kepentingan sendiri.
Menguji diri, sebagai langkah introspeksi, sangat diperlukan. Pertama, karena dengan menguji diri kita dapat bertumbuh, meningkatkan kualitas diri.
Ke dua, kita tidak akan menghakimi orang lain karena menyadari bahwa kita tidak lebih baik daripada orang lain. Dengan kata lain, kita akan semakin rendah hati. Dan, rendah hati adalah awal dari persekutuan yang benar dengan Allah dan dengan sesama. (david solafide)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar